Motor sekarang beda banget sama motor jaman dulu alias jadul gan . Kalo motor jadul lebih mengandalkan tenaga dan kecepatan.Kalo motor sekarang enggak gan mengingat motor itu digunakan buat alat transportasi, bukan untuk balap . Makanya pabrikan lebih mementingkan sisi safety dan efisien. 1.Penunjuk kecepatan(speedometer). Panel kecepatan motor di Indonesia rata-rata masih menggunakan jarum. Latar dibelakang jarum berbeda sesuai dengan kecepatan. Kebanyakan pada posisi 80km/jam ke atas berwarna merah. Itu tandanya kudu hati-hati. 2.Rem. Rem motor jadul masih menggunakan rem tromol. Sekarang sudah diganti dengan rem Cakram hydraulic, walaupun masih ada motor yang pake tromol. Pake rem Cakram Hydraulis reflek pengendara lebih cepat bereaksi. Bahan yang digunakan sekarang sudah pakai non asbestos, karena asbestos bersifat tidak ramah lingkungan dan kalo kena air akan mengeras. 3.Fitur Pengaman. Motor sekarang sudah dilengkapi fitur pengaman seperti switch standar(saklar yang dipasang di standar). Nah, cara kerjanya adalah memutus arus listrik ketika standar motor belum dinaikkan. Ini penting buat yang suka lupa. Ada juga rem pengaman, nah kalo ini biasa di pasang di skubek(motor matic). Supaya motor g lari. 4.Desain dan handling. Desain motor sekarang lebih ergonomis. Dirancang supaya penggunanya mudah mengendalikan motor dan reflek tetap baik. Bagian stang dan Jok menjadi prioritas utama, tentunya agar tidak cepat lelah sehingga reflek tetap baik. Contoh pemasangan balancer. Sebagai peredam getaran dari mesin dan jika terjadi kecelakaan dapat mengurangi resiko kerusakan. 5.CDI pake Limiter. Putaran motor sekarang putaran mesinnya dibatasi. Hanya sekitar 8000-9000rpm. Efeknya kecepatan maksimum berkurang. Berbeda dengan motor dahulu yang top speed dan powernya besar. 6.Pemberlakuan rendah emisi dan isu kelangkaan minyak juga mempengaruhi. Otomatis pabrikan akan membuat motor yang efisien, otomatis tenaga akan berkurang sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4066459
No comments:
Post a Comment